Dalam
membuat sebuah perencanaan apalagi bila sudah menyangkut anggaran, anda harus
pikirkan dulu dampak dan untung ruginya. Jangan pernah beranggapan mahal pasti
bagus, karena segala sesuatunya harus di ukur sesuai dengan kebutuhan.
Percumakan anda membeli sebuah produk seharga ratusan juta atau menyewa biro
jasa dengan harga yang fantastis berharap bahwa hasilnya pasti maksimal,
ternyata setelah di putuskan hasilnya tidak lebih dari 10% dari target yang
ditentukan. Kalau seperti itu orang yang duduk di bagian perencanaan perlu di
pertanyakan kapabilitasnya?
Contoh simple anda bisa melihat Ujian Nasional (UN) kemarin, apa yang ada di benak anda setelah melihat realita yang ada ? Jangan anda salahkan orang - orang pelaksana yang sudah susah payah di lapangan mendistribusikan soal - soal UN. Tapi salahkan orang - orang yang ada di balik meja khususnya bagian perencanaan...
Kita tidak bisa hanya berpikir di balik meja dan berharap semua pasti berjalan lancar... tapi kita juga harus ikut turun dan pantau secara langsung mulai dari pembuatan soal sampai dengan pendistribusiannya serta apa saja yang di butuhkan guna mendukung kelancaran di lapangan... dan yang terpenting, jangan sampai timbul miss komunikasi...
"Think and Act"
Thanks for reading & sharing NIRMILITER
hmm, i am agree with your statement. we know POAC Planning.Organizing,Actuating,Controlling. Usually point controlling never done by planner so all of activities become ....????
BalasHapus